Sabtu, 13 Agustus 2011

Sejarah Pizza

Pepperoni Pizza
Dulu, seseorang berbangsa Yunani membuat adonan roti berukuran besar, bulat, dan rata menggunakan campuran remah-remah dan minyak. Karena saat itu tomat belum ditemukan, ia tidak menggunakan tomat pada campuran tersebut.

Pada abad ke-18, roti ini mulai terkenal di Italia dan diberi nama Pizza. Dulu Pizza tidak mempunyai topping apapun, jadi hanya seperti roti tawar saja. Karena roti ini mudah dibuat dan biayanya murah, dijual ke orang-orang miskin di daerah Naples.

Pizza Margerita
Lalu pada tahun 1889, Ratu Margherita sedang melakukan perjalanan mengelilingi Italia. Saat itu, banyak sekali yang memakan roti besar itu terutama para petani. Karena penasaran, ia membeli roti itu dan sang Ratu menyukainya. Tetapi hal ini menjadi pembicaraan di Istana karena sangat tidak pantas seorang Ratu memakan makanan kaum miskin. Ratu Margherita tidak memperdulikan hal ini. Lalu sang Ratu menyuruh Koki Rafaelle Esposito yang paling terkenal dengan pizzanya untuk membuat berbagai macam Pizza. Salah satunya ia beri topping tomat, keju mozarella, dan daun kemangi seperti bendera Italia sehingga ini menjadi pizza spesial untuk sang Ratu. Karena Ratu Margherita sangat menyukainya, pizza tersebut diberi nama Pizza Margherita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar